Kegiatan PPM Fakultas Ekonomi Universitas IBA Semester Genap 2021/2022


Kategori: LPPM IBA

Dalam mengembangkan kearifan lokal suatu daerah, peran serta Perguruan Tinggi sebagai mitra adalah suatu keniscayaan untuk melaksanakan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi. Fakultas Ekonomi Universitas IBA merupakan salah satu Lembaga yang menjadi motor kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang mencakup Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian di Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang. Kegiatan PPM dilakukan setiap semester dengan tujuan berbagi pengetahuan secara teori kepada peserta dalam hal ini masyarakat, serta merupakan kewajiban bagi para Dosen untuk memenuhi salah satu kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian.

Pada semester Genap 2021/2022 ini, Fakultas Ekonomi Universitas IBA berkesempatan melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dalam bentuk penyuluhan, bermitra dengan Kelompok Pengrajin Anyaman Kampung Meranjat, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Sematang Borang. Penyuluhan yang diberikan terdiri dari 3 sesi yang mencakup:

1. Strategi Pemasaran Anyaman Purun dan Bambu Produksi Kampung Meranjat Sukamulya Kecamatan Sematang Borang.

2. Perhitungan Harga Pokok Produksi Anyaman Purun dan Bambu di Kampung Meranjat Sukamulya Kecamatan Sematang Borang.

3. Peningkatan Motivasi Sumber Daya Manusia Dalam Penggunaan Digital Marketing Pada Usaha Anyaman Purun dan Bambu Kampung Meranjat Sukamulya Kecamatan  Sematang Borang.

Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Camat Kecamatan Sematang Borang beserta perangkatnya, Bapak Lurah Kelurahan Sukamulya beserta perangkatnya, RT 01 Kampung Meranjat, para anggota Kelompok Pengrajin Anyaman Purun dan Bambu serta para Dosen, Mahasiswa dan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas IBA, berlangsung pada hari Rabu 23 Maret 2022 dari pukul 09.00 wib hingga selesai.

Luaran yang diharapkan dapat diperoleh Kelompok Pengrajin Anyaman Purun dan Bambu Kampung Meranjat tersebut adalah pemahaman dan implementasi: 1) Strategi pemasaran produk, 2) Perhitungan harga pokok produksi produk, 3) Peningkatan kemampuan SDM menggunakan digital marketing. Sedangkan bagi para Dosen luaran yang diperoleh adalah: 1)  Telah melaksanakan kegiatan PPM dengan penyampaian 3 topik yang berhubungan dengan ilmu pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia, 2) Mengetahui bertambahnya pengetahuan Kelompok Pengrajin dengan ilmu yang telah ditransfer, 3) Meyakini bahwa  Kelompok Pengrajin telah memahami tentang pentingnya menjadikan produk kearifan lokal yang dimiliki bernilai tambah, 4) Publikasi hasil PPM pada Jurnal Ilmiah.

   Demikian sekilas berita kegiatan PPM Fakultas Ekonomi Universitas IBA semester Genap 2021/2022.

tags:
Miftahul Jannah Miftahul Jannah Shared publicly - 23/04/2022 10:49