PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH CELUP SARIWANGI (Studi Kasus di Retail Kota Palembang)
Nova cantik Shared publicly - 14/02/2020 15:34
Kategori: Fakultas Ekonomi
Dewi Purnama Sari1, Esty Naruliza2
1PT. Cipta Artha Nadya, Palembang, Indonesia, dewipurnamasari.mdl@gmail.com
2Universitas IBA, Palembang, Indonesia, enaruliza@gmail.com
Abstrak
PT. Unilever Indonesia memproduksi berbagai produk, salah satunya adalah SariWangi Teabag. Untuk tetap bertahan dalam kompetisi Teh Celup SariWangi harus terus berinovasi mulai dari segi harga dan kualitas produk. Harga adalah unit moneter yang dipertukarkan untuk memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau layanan, dan kualitas Produk adalah kebutuhan yang harus dipertahankan dan ditingkatkan jika perusahaan ingin ada dalam persaingan penjualan. Penelitian ini dibuat untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Dalam penelitian ini populasinya tidak terbatas. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan membagikan kuesioner secara langsung kepada konsumen SariWangi Teabag di Retail Kota Palembang. Sampel yang digunakan adalah 272 responden. Pengujian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu validitas dan reliabilitas, asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R2) adalah 0,505 atau 50,5% dan sisanya 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 50,5% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga variabel dan kualitas produk. Variabel harga (X1) adalah 38,6% dan variabel Kualitas Produk (X2) adalah 11,9%. Kedua secara simultan dan Harga Produk dan Kualitas memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian.
Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian