ANALISIS KOGNITIF PESERTA PELATIHAN VOKASIONAL RENCANA USAHA DAN MANAJEMEN KEUANGAN KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) BINAAN BDC SRIWIJAYA PALEMBANG


Nova cantik Nova cantik Shared publicly - 14/02/2020 15:29

Kategori: Fakultas Ekonomi
 
Ellys1, R.Y.Effendi2
 
1Universitas IBA, Palembang, Indonesia, ellysthoyib@gmail.com
2Universitas IBA, Palembang, Indonesia, effendiry@gmail.com
 
Abstrak:
Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui kognisi yang muncul dalam sistem kognitif peserta pelatihan kejuruan dalam rencana bisnis dan manajemen keuangan kelompok swadaya (KSM) yang dibantu oleh BDC Sriwijaya Palembang melalui jawaban pre-test dan post-test Ada 3 kelompok mode perilaku pengetahuan dalam ingatan peserta, yaitu mode positif 73%, negatif 17% dan diragukan 10%. Melalui pernyataan "Saya yakin bisa memahami materi rencana bisnis dan manajemen keuangan" 83% positif dan 17% kognisi negatif dihasilkan dalam struktur kognitif. Kognisi ini berintegrasi dengan fungsi kognitif yaitu pengertian kognitif baru, emosi, sikap dan motivasi. Pemahaman kognitif baru dihasilkan dari integrasi dengan emosi, yaitu kognisi positif 74% dan negatif 26%, perubahan dalam 9% kognisi positif beralih ke negatif. Integrasi kognisi dengan sikap menghasilkan kognisi positif 44%, negatif 7% dan netral 49%, di sini ada transisi antara kognisi positif dan negatif ke kognisi netral atau tidak ada pendapat sama sekali. Integrasi dengan motivasi dengan menanyakan motif / harapan KSM, menghasilkan motif bantuan modal bisnis kognisi positif 89% negatif 11%, motif bantuan pemasaran, 70% kognisi positif 30%, dan membimbing motif untuk mengembangkan upaya KSM, kognisi positif 92% negatif 8%. Kesimpulan Mengubah kebiasaan yang telah dipraktikkan selama bertahun-tahun akan membutuhkan waktu, energi dan terobosan besar tentang metode pelatihan yang mudah dipahami.
 
Kata kunci: Kognitif, Rencana Bisnis, Manajemen Keuangan

Download Data