Sosialisasi Pendanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari Kemdikbudristek Serta Sosialisasi Aplikasi SINTA dan SIKITO di Universitas IBA


Kategori: Workshop

Tahun 2023 Kemendikbudristek kembali membuka pendanaan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada dosen tentang tata cara pembuatan dan pengajuan usulan proposal maka LPPM Universitas IBA mengadakan Sosialisasi tentang Pendanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari Kemdikbudristek Serta Sosialisasi Aplikasi SINTA dan SIKITO yang merupakan bagian yang tidak terlepas dari pendanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tersebut. Kegiatan diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2023 bertempat di Aula Universitas IBA.

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah dosen-dosen Universitas IBA yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang baik dan telah teruji, yaitu Ibu Dr. Ir. Novisrayani Kesmayanti, M.Si. yang sudah sering mendapatkan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik dari Kemendikbudristek maupun sumber lainnya, Ibu Dr. Ir. Karlin Agustina, M.Si yang merupakan assessor BKD dan assessor kenaikan jenjang Jabatan Akademik (JJA) LLDIKTI Wilayah II, serta Bapak Pandriadi, SE., M.Si yang merupakan ketua LPPM Universitas IBA.  Materi yang disampaikan oleh narasumber meliputi panduan umum pembuatan proposal, kiat menghasilkan proposal yang baik, kiat meningkatkan skor SINTA serta kiat meningkatkan jabatan fungsional melalui aplikasi SIKITO yang merupakan persyaratan penting dalam pengajuan usulan proposal.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah Para dosen dan pejabat struktural di tingkat universitas dan fakultas. Melalui kegiatan ini diharapkan pengetahuan dan pemahaman dosen tentang pendanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat meningkat sehingga jumlah proposal yang diusulkan oleh Universitas IBA dapat meningkat dari tahun sebelumnya. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dosen mengetahui dan memahami tentang aplikasi SINTA, sehingga mereka dapat mempublikasikan karya ilmiah mereka, melakukan tracking terhadap perkembangan publikasi mereka serta melaksanakan semua kegiatan Tridharma perguruan tinggi yang pada akhirnya akan meningkatkan skor SINTA mereka. Kemudian, perserta juga diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang aplikasi SIKITO yang dapat mereka gunakan untuk mengurus kenaikan pangkat jabatan fungsional mereka.

 

tags:
Miftahul Jannah Miftahul Jannah Shared publicly - 27/03/2023 13:51